Pernah denger khan ada penyakit kulit yang namanya cacar air. Begitu ngomongin penyakit satu ini  pasti belakangnya ada embel-embel "ngga boleh mandi selama sakit, ngga boleh keluar rumah karena bila terkena angin cacar air akan cepat menyebar, penyakit ini cuma sekali seumur hidup dialami oleh seseorang", bener ga si pendapat seperti itu. Bahkan ada temen bunda yang ngasih saran agar mandi pake air dicampur bulu ayam. Haadeeewwhh...bisa-bisa bunda berendem sama kemoceng atau malah mandi bareng ayam. Kebetulan kemarin bunda kena cacar air, jadi alangkah baiknya kalau bunda bagi-bagi pengalaman perihal cacar air. (hayah..bahasanya..) mudah-mudahan bermanfaat.

Sebenernya bunda ga ngerti-ngerti amat tentang cacar air, tapi karena si CA ini sempet mampir di badan kita neh, jadinya mau-ga-mau, googling melanglang buana mencari info tentang si dia. 

Tahap tahap si CA dalam menyerang tubuh kita :
  1. Virus varisela zoster. Virus ini pada awalnya masuk ke dalam sistem pernapasan dan berkembang pada saluran napas bagian atas, penderita biasanya akan mengalami demam, nyeri tenggorok, nyeri perut, nyeri sendi, sakit kepala, dan nafsu makan hilang. Gejala ini akan berlangsung 4-6 hari, tetapi ada juga yang hanya 24 jam. (bunda hanya 24 jam). Gejala ini mirip banget sama gejala batuk pilek, jadi kadang kita ngga nyangka kalau ternyata kita lagi diserang si jelek ini. Kemudian kita baru curiga setelah ada gejala yang kedua berikut.
  2. Virus akan menyebar ke limpa, hati, dan bagian tubuh lainnya lewat aliran darah, termasuk ke kulit dan menimbulkan benjolan kulit berisi cairan (vesikel). Pada awalnya benjolan ini berupa ruam-ruam berukuran kecil berwarna merah dan banyak tumbuh di dada dan punggung. Rasanya sangat gatal, gatalnya ini menyebabkan kita ingin menggaruknya dan ini yang akan menyebabkan infeksi, keropeng dan menimbulkan infeksi baru. (ruam yang terkena infeksi dan merusak lapisan kulit, biasanya membekas di kulit, ciri-cirinya ruam ini bernanah). 
  3. Kemudian ruam akan menjalar ke bagian tubuh lainnya seperti kepala, mulut, hidung, telinga, dan daerah genital, di barengi dengan tumbuhnya ruam menjadi benjolan-benjolan berisi cairan bening, bentuknya seperti tetesan embun.Selanjutnya, virus akan dibersihkan dari tubuh oleh sistem kekebalan tubuh. Benjolan ini akan kempes dan akan terbentuk semacam kerak jaringan (krusta). Keadaan ini akan berlangsung kurang lebih 3-6 hari.(bunda hanya 4 hari) Sungguh waktu yang sangat lama saat kita mengalaminya. sehari saja berasa seminggu :). Periode ini tergantung pada daya tahan tubuh si penderita. Semakin kuat daya tahan tubuhnya, maka benjolan yang keluar lebih sedikit dan cepat kering. Selanjutnya, penderita akan sehat kembali dan dia akan mempunyai kekebalan terhadap virus. Itulah sebabnya kebanyakan orang hanya menderita cacar air sekali seumur hidup.
  • Jadi pendapat bahwa  orang hanya menderita cacar air sekali seumur hidup, ada benarnya juga. Hanya saja,  pada sebagian orang,  virus tidak hilang sama sekali. Virus tetap ada dalam tubuh, yaitu dalam keadaan "bertapa" (dorman) di dalam serabut saraf dekat sum-sum tulang belakang. Suatu saat, virus yang bertapa ini dapat aktif kembali, menimbulkan penyakit yang disebut herpes zoster. Penyakit ini ditandai oleh rasa kesemutan, gatal, dan nyeri yang diikuti oleh timbulnya benjolan merah dan lepuh. Dibandingkan cacar air, herpes zoster lebih sulit diobati. Jadi WASPADALAH..WASPADALAH... Kata bang napi. Nah...  untuk mencegahnya, jagalah kesehatan kulit dengan mandi 2 kali sehari dan saat terinfeksi segera obati dengan salep Acyclovir, minum tablet acyclovir 4 jam sekali.

Senjata yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi serangan cacar air :
  1. Paracetamol, saat terserang cacar air ini badan mudah sekali terserang deman, jadi selalu siapkan obat turun panas.
  2. Salep Acyclovir. salep ini biasa dioles pada bentol cacar baru, dapat juga mencegah menyebarnya cacar ke area yang lebih luas lagi, oleskan setiap 3 jam sekali. Juga dioleskan pada benjolan yang pecah karena mungkin terkena baju atau tergores kuku, agar tidak terinfeksi.
  3. Bedak Salycil Menthol, atau bisa juga bedak-bedak sejenisnya seperti herocin,caladin. ini senjata paling ampuh menghilangkan rasa gatal, daripada digaruk dan nantinya akan meninggalkan bekas, mending taburi bedak. Bila sudah tidak merasakan gatal, lebih baik pemakaian bedak dihentikan.
  4. Kapas dan Rivanol untuk membersihkan benjolan yang terinfeksi.
  5. Acyclovir tablet 400 mg. diminum 4 jam sekali atau menurut petunjuk dokter.Hal ini dimaksudkan agar virus cacar tersebut benar-benar mati.
  6. Anticeptic cair. Untuk dicampurkan pada air saat mandi dan mencuci pakaian yang kita pakai.
  7. Makanan bernutrisi tinggi + vitamin. Banyak makan buah misalnya jeruk, jambu air, dll
  8. Obat tetes mata, karena cacar disekitar mata sangat berbahaya bila cairannya masuk ke mata, maka mata akan terkena iritasi.
  9. Jagung muda. Ini obat tradisional, agar setelah sembuh cacar air tidak meninggalkan bekas. Jagung muda diparut kemudian di pakai seperti bedak dingin. Dipakai sebelum luka cacar air kering.
Cara penanganan pada penderita cacar air :
Sebenernya pertama kita harus konsultasi ke dokter / bidan keluarga secepatnya untuk penanganan yg paling tepat sesuai dengan kondisi tubuh kita. Namun perlu di ingat bahwa sebenarnya tidak ada obat spesifik untuk mengobati cacar air. Semua tergantung pada daya tahan tubuh kita. Kalau daya tahan tubuh kita menurun maka virus ini akan gampang sekali menyerang tubuh kita. Akibatnya benjolan-benjolan banyak tumbuh di seluruh anggota badan.
  1. Makan makanan bernutrisi tinggi, banyak makan buah (jus jambu biji, jeruk, dll ), sayur, dan juga minum Vit.C
  2. Minum obat sesuai kebutuhan kita. Bila badan kita demam minum paracetamol. Tablet acyclovir 400 mg diminum setiap 4 jam sekali.
  3. Bila badan terasa gatal, jangan digaruk, taburi seluruh badan dengan bedak Calycil. Bedak ini juga dapat menghambat pertumbuhan cacar air di tempat baru, jadi taburkan ke seluruh badan.
  4. Tetap mandi 2 kali sehari boleh juga lebih. Dengan air hangat yang diberi antiseptik (dettol).  Tetapi harus hati-hati agar benjolan tidak sampai pecah. Pendapat bahwa bila terkena cacar air, penderita tidak diperbolehkan mandi sebenarnya bertentangan dengan prinsip medis. Karena faktanya, pada penderita penyakit cacar air atau campak dengan kelainan pada kulit yang menyeluruh, justru harus menjaga kebersihan kulit dengan mandi lebih sering agar perluasan penyakit dapat dicegah, disamping menggunakan obat. Yang tidak diperbolehkan adalah menggosok kulit sangat keras hingga vesikel pecah.
  5. Bila tidak sengaja vesikel pecah, segera bersihkan dengan cairan rivanol menggunakan kapas, dan oleskan salep acyclovir.
  6. Jangan lupa. Baju, handuk atau sprei yang kita pakai pisahkan dan cuci dengan air yang telah dicampur oleh antiseptik.
  7. Setelah mandi olesi ruam-ruam / benjolan-benjolan dengan salep acyclovir.
  8. Penularan terjadi bisa secara langsung yaitu karena terkena cairan vesikel, atau secara tidak langsung melalui udara atau air liur, mirip virus influenza pokoknya. Maka sebaiknya jaga jarak dulu dech sama orang-orang sekitar, kasian bila orang lain sampai tertular. Jadi pendapat bahwa bila terkena cacar air tidak boleh keluar rumah dan terkena angin mungkin berdasarkan pada fakta bahwa bila keluar rumah dan terkena angin maka akan menularkan kepada orang lain. :)
  9. Tetes mata dipakai pagi siang sore dan sebelum tidur.
  10. Jagung muda 2 kali sehari.
Kurang lebih demikian cara penanganan pada penderita cacar air. Pada intinya cacar air tidak ada obatnya jadi kuncinya adalah memperkuat daya tahan tubuh kita, menjaga kebersihan badan( bahkan harus lebih bersih dari hari-hari biasanya ), benjolan berisi cairan (vesikel) jangan sampai pecah. Bersabar dan cacar air kita tidak akan terasa begitu menyiksa seperti yang kita lihat pada penderita lain.

Ini berdasarkan pengalaman bunda ( mudah-mudahan cukup sekali seumur hidup) dan hasil googling sana sini (makasih ya..http://www.iniunik.web.id , http://www.klinkstore.com) dan mudah-mudahan bermanfaat juga buat anda semua. Soal mandi bulu ayam bunda kurang tahu.. silahkan googling sendiri... hehe..



26 komentar:

Anonim mengatakan...

Nice share, keep bloging :)

@KatonWDK mengatakan...

Trimsss infonyaaa =)) lagi kena nih hehe

Listya Pramita mengatakan...

terimakasih infonya bunda. doakan cacar saya cepat sembuh

ates budiarto mengatakan...

terimakasih infonya bu....ini istri saya la kena...mhn doa smg cpt sembuh....kasihan si kecil takut ketularan.

Anonim mengatakan...

Suwun infonya Bund...nih suami lagi kena Herpes Zoster..

Obat Herbal Benjolan Di Perut mengatakan...

terimakasih banyak, sangat membantu sekali informasinya...

Riska Putri Ayumi mengatakan...

terima kasih gan infonya,
sangat bermanfaat untuk kesehatan kita,,,
Tips Kesehatan dan Kecantikan

bambang nuryanto mengatakan...

Makasih bunda, doakan daku cepat sembuh ya.... :-)

bambang nuryanto mengatakan...

Makasih bunda, doakan daku cepat sembuh ya.... :-)

yustina novita mengatakan...

Mkasih bunda... bwt infony sangat brmanfaat...

nuriani mengatakan...

Nice info,bunda. Ini si sulung saya jg lagi kena cacar air. :) trims.

Anonim mengatakan...

Infonya bermanfaat..kebetulan sy jg lg kena ccr air...doakan semoga lekas sembuh..mksh

mochamad soni mengatakan...

Mbak suaminya udah sembuh, ayah saya terkena herpe

Anggia Pramudita mengatakan...

infonya sangat bermanfaat. ini minggu kedua saya kena cacar air, sedang tahap pemulihan kata dokter. makan pun sudah sayur mayur, buah dan segala vitamin. tp penyembuhanny masih aja lama. yaaa kita harus sabar juga sih. semangat dan tetap jaga pola makan yaaa buat yg masih kena cacar air :))

Anggia Pramudita mengatakan...

infonya sangat bermanfaat. ini minggu kedua saya kena cacar air, sedang tahap pemulihan kata dokter. makan pun sudah sayur mayur, buah dan segala vitamin. tp penyembuhanny masih aja lama. yaaa kita harus sabar juga sih. semangat dan tetap jaga pola makan yaaa buat yg masih kena cacar air :))

nisrina nazihah djailani mengatakan...

Terimakasih infonya. Sy juga sekalian mau nanya nih, tetes matanya yang gimana ya? Insto?
Sy waktu sd kena herpes zoster. Sekarang udah kuliah malah baru cacar air-_-

natalia essie mengatakan...

Anak saya 3yrs baru hari kedua muncul lesi. Sekolahnya libur dulu sementara, bolehkah besok ikut saya ke tempat kerja :(

Naman Arora mengatakan...

Execellent article
Lovable
So much useful and reliable
See this-http://freeprintablecalendar123.com/2016/09/01/august-2017-islamic-calendar-templates/ and
http://freeprintablecalendar123.com/2016/09/01/september-2017-printable-calendars-blank-templates/
You may need this
Thank You!

Nur Ellyani Selvia mengatakan...

Lagi ngalamin, makasih bunda. Bermanfaat.

ririn spears mengatakan...

Sama,saya juga lagi kna cacar air :( berjauhan dulu sama anak saya yg masih balita

Hakuna mengatakan...

Terima kasih infonya bunda :), saya juga lagi kena nih kebetulan hari kedua... sedangkan saya hari ke-4 mau berangkat ke luar negeri karena urusan kuliah. Kira2 gimana ya bund? Nggak mungkin soalnya kalau saya batalkan :(

Ryan Aditya mengatakan...

Sangat membantu doakan saya supaya cepet sembuh ya

Ryan Aditya mengatakan...

Sangat membantu doakan saya supaya cepet sembuh ya

Dokter spesialis Kelamin mengatakan...

Cara Mengobati Wasir - Seharus nya seseorang mengatur pola hidup yang benar agar tubuh tetap sehat dan jauh dari penyakit. namun, karena sekarang sudah banyak toko makanan yang menjual makanan yang enak dan juga instan sehingga banyak orang yang sering membeli nya, dan tidak mementingkan kandungan yang terdapat pada makanan tersebut, sehingga akan mengorbankan kesehatan nya sendiri, dan menimbulkan beberapa penyakit pada tubuh nya. salah satu penyakit yang dapat tumbuh di tubuh karena makanan yang tidak sehat dan kurang akan serat adalah penyakit wasir ambeien. Karena jika terus menerus mengkonsumsi makanan yang tidak sehat akan menimbulkan sakit sembelit. Penyakit sembelit merupakan awal gejala penyakit wasir ambeien.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin yang anda rasakan, jangan ragu untuk bertanya pada kami karena isi konsultasi aman terjaga, privasi pasien terlindugi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan ahli klinik Apollo.

BL Kedua mengatakan...

obat cacar air

Unknown mengatakan...

Tak ada yang menyangka bahwa beberapa kesalahan bisa mengakibatkan ejakulasi dini atau impotensi. Sekedar informasi, ejakulasi dini adalah salah satu gangguan disfungsi ereksi yang membuat seorang pria tidak bisa mempertahankan penetrasi lebih lama lagi karena harus mengalami klimaks dalam waktu kurang dari 3 menit. Jika sudah seperti ini, pria yang mengalami masalah tersebut akan mulai mencari obat kuat atau viagra agar bisa lebih tahan lama saat bercinta dengan pasangannya.

Kesalahan Besar yang Bisa Sebabkan Ejakulasi Dini

Namun, masalah impoten tidak hanya bisa sembuh sekejap dengan obat impoten atau obat kuat pria yang banyak dijual di pasaran. Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai kesalahan besar yang dapat menyebabkan ejakulasi dini sebelum mengonsumsi bermacam-macam obat impoten. Sebelum sibuk mencari cara tahan lama di ranjang, kenali kesalahan besar yang bisa sebabkan ejakulasi dini berikut ini.

Permasalahan mengenai ejakulasi dini tidak hanya meliputi kemampuan penis agar lebih lama melakukan penetrasi sebelum mencapai klimaks. Kebanyakan orang sibuk menggunakan viagra agar dapat lebih tahan lama saat bersenggama. Mereka melupakan masalah sensitivitas penis.

Tahukah Anda bahwa sensitivitas penis sangat penting agar Anda dapat merasakan sensasi yang luar biasa? Kepekaan penis memiliki kontribusi agar Anda bisa melakukan kontrol penuh terhadap ejakulasi.

Bagian penis yang paling sensitif adalah kepala penis. Jika kepala penis ini mengalami gesekan terus menerus, maka Anda akan lebih mudah mengalami ejakulasi. Untuk mengurangi gesekan pada kepala penis, di awal penetrasi sebaiknya penis hanya masuk ke dalam vagina setengah bagian saja.

Andrologi | Mengatasi ejakulasi dini

Infeksi saluran kemih | Gangguan fungsi seksual

Klik chat | Free chat

Posting Komentar